NDERF Home Page PMS Baru Membagi PMS

Halaman Media


TEMPAT MEDIA:  Sekarang kami mempunyai daftar para penerima PHM menurut Negara/Negara bagian/Kota beserta sebuah komentar singkat dan link kepada pengalaman mereka. Ini akan mempermudah proses mencari penerima PHM yang ingin anda wewencarai atau hubungi. Penerima PHM:  Kami sedang mengalami kenaikan besar dalam permintaan media. Banyak mencari kesempatan untuk mewewencarai penerima PHM dekat letaknya mereka atau dekat tempat dimana sebuah proyek sedang difilm. Anda boleh mengunjungi TEMPAT MEDIA untuk mencari ceritera anda dengan klik disini.

Mengenai NDERF/ADCRF/OBERF

NDERF (Yayasan Riset Pengalaman Hampir Mati)        www.nderf.org
ADCRF (Yasasan Riset Komunikasi Setelah Mati)        www.adcrf.org
OBERF (Yasasan Riset Pengalaman Luar Badan)        www.oberf.org

NDERF dibentukkan khusus untuk mempelajari PHM dan menyokong mereka yang telah mengalami PHM atau pengalaman lain sejenisnya.  ADCRF dibentukkan khusus untuk mempelajari komunikasi setelah mati (KSM) dan menyokong mereka yang telah Mengalami KSM, atau menyampaikan pesan harapan kepada mereka yang berdukacita karena kehilangan seseorang yang disayangi.  OBERF dibentukkan khusus untuk mempelajari spektrum peristiwa rohani yang tidak termasuk NDE atau ADC. Misalnya pengalaman yang mirip PHM, pengalaman luar badan, dan peristiwa yang merobah sikap rohani seseorang.

Situs-situs ini tidak menjual sesuatu dan tidak minta sumbangan. Alasan pertama ialah bahwa situs-situs ini merupakan karya kasih. Kami berusaha untuk menyampaikan pesan-pesan daripada kesadaran yang terus menerus kepada dunia. Alasan lainya ialah bahwa riset mengenai kesadaran jauh lebih dipercayai jika bebas dari ikatan komersial.

TEMPAT MEDIA:  TAWARAN ISTIMEWA! Klik disini untuk daftar penerima PHM menurut kota, negara bagian, dan negara – beserta komentar singkat! Ini akan mempermudah proses mencari para penerima PHM yang ingin anda wewencarai  atau hubungi.
 

Khusus Mengenai NDERF (Yayasan Riset Pengalaman Hampir Mati, www.nderf.org)

NDERF dibentukkan khusus untuk mempelajari PHM dan menyokong mereka yang telah mengalami PHM atau pengalaman lain sejenisnya.  NDERF tidak menjual sesuatu dan tidak minta sumbangan.

Situs NDERF dinilai nomor satu oleh search engine-search engine besar untuk perkataan “near death experience” (pengalaman hampir mati), dan situs ini menerima lebih dari 60,000 pukulan (pemandangan halaman) setiap bulan. NDERF mempunyai sebelas laporan riset yang telah diposkan. Sebuah proyek besar baru-baru ini dari NDERF adalah untuk menerjemahkan PHM dan materi yang berkaitan dengan PHM ke dalam bahasa-bahasa lain. Saat ini PHM dan materi yang berkaitan dengan PHM sudah ada dalam 22 bahasa di NDERF. Para pembaca dari lebih dari 70 negara mengakses situs NDERF setiap bulan.

Dr. Jeff, M.D. adalah pembina dan pencipta situs NDERF/ADCRF/OBERF. Dr. Jeff adalah seorang tabib yang keahlian khusunya adalah pengobatan radiasi untuk sakit kanker. Dr. Jeff sendang bekerja di kota Houma, Louisianna.

Jeff medirikan situs yang paling besar dan terhormat mengenai PHM yaitu www.nderf.org. Situs ini mencakup lebih dari 200 ceritera pengalaman. Sebagai akibat daripada pengalaman-pengalamn yang berkaitan dengan PHM, Jeff juga medirikan situs-situs mengenai Komunikasi Setelah Mati (KSM, www.adcrf.org) dan Pengalaman Luar Badan (PLM, www.oberf.org). Kedua situs ini mencakup lebih dari 200 dan 150 ceritera pengalaman yang telah diposkan.

Jeff telah menjabat di Board of Directors daripada IANDS (International Association for Near-Death Studies / Yasasan Internasional untuk Riset Hampir-Mati). Jeff telah menjabat sebagai kepala Komite Riset IANDS. Jeff telah membahas PHM di beberapa siaran radio dan TV, baru-baru ini di Berita Dunia (World News) dengan Peter Jennings. Dia telah difilem di program yang sering disiarkan “Sepuluh Misteri Terbesar” (Ten Biggest Mysteries) dimana Misteri nomor 1 adalah PHM. Jeff juga baru-baru ini difilem dalam sebuah kisah “Naik bersama Malaikat-Malaikat” (Ascending with Angels), dengan Bob Turner. Dia juga diwewencarai di Berita TV Fox. Dia muncul di siaran radio Art Bell dan siaran radio Laut ke Laut (Coast to Coast) dengan George Noory beberapa kali.

Jody Long juga terlibat dalam penyelidikan kesadaran NDERF/ADCRF/OBERF. Jody bekerja sebagai  pengacara hukum keluarga dan juga giat dalam meneliti dan menulis untuk situs dan proyek lain yang berkaitan. Jody telah memperbaharui situs-situs dalam bulan Maret 2002 dan sekarang bertindak sebagai webmaster untuk NDERF, ADCRF dan OBERF. Semangat Jody terhadap situs-situs Web dan anjurannya mengenai arah NDERF sangat penting untuk pertumbuhan dan ketinggian riset yang tercapai oleh situs-situs ini. OBERF telah dibangkitkan dan sekarang maju dengan sangat baik karena orang-orang di banyak tempat ingin membahas dan membaca mengenai kejadian-kejadian kesadaran lain. Proyek NDERF internasional sangat menggairahkan karena telah membuka pemandangan global. Kesadaran sekarang bisa dipelajari secara global. Jody telah muncul di radio dalam program “bertanyalah ahli hukum.” Dia juga melayani di Board of Directors bagi Friends of Iands, kota Seattle. Riset Jody telah diterbitkan dalam sebuah majalah ilmiah. Risetnya mempunyai banyak bagian yang orisinil dan berguna sebagai dasar untuk penyelidikan-penyelidikan baru dan cara memandang PHM dan kesadaran. Risetnya telah digunakan sebagai bagian daripada rencana pelajaran untuk sebuah sekolah di Negara Inggris. Dr. Kevin Nelson, dari Universitas Kentucky, telah begitu diilhami oleh risetnya sehingga dia melakukan penyelidikan yang diterbitkan dalam majalah ilmiah, “Neurology.” Dr. Von Lommel, juga menggunakan banyak dari ide-idenya mengenai penyelidikan kesadaran. Dia muncul dalam majalah-majalah wanita di Sudan, Moroko, Egypt, dan Argentina. Dia telah membantu banyak pengarang dan penerbit dalam usaha riset dan publisitas mereka. Azreal Endeavor adalah kumpulan tulisan untuk menolong menjelaskan kematian. Jody telah melaksanakan riset paranormal dengan giat selama puluhan tahun dan memiliki pengetahuan dalam berbagai bidang paranormal. Dia telah mengalami dua PLB (Pengalaman Luar Badan) dan beberapa kejadian paranormal. Dia menganggap pesan global, kasih, toleransi, dan persaudaraan sebagai batu pertama daripada pesan PHM dan dengan tujuan itu dia bekerja untuk memersatukan orang-orang lain di seluruh dunia.

Pemandangan Luas Pengalaman Hampir Mati

Walaupun kebanyakan orang yang telah mendekati kematian mengatakan bahwa mereka tidak mengingat apa-apa, kira-kira 18% kemudian melaporkan bahwa, “sesuatu terjadi.” “Sesuatu” itu sering merupakan sebuah pengalaman hampir mati (PHM). PHM agak biasa. Sebuah penyelidikan pendapat umum pada tahun 1993 menilai bahwa antara 12 hingga 15 juta orang amerika pernah mengalami PHM. Mulai 2001, setiap hari hampir 600 orang dewasa di Amerika Serikat mengalami PHM.

Ada perdebatan mengenai arti PHM. Para periset belum setuju secara umum mengenai arti PHM. Sehelai surat kepada para ahli perawatan kesehatan dari IANDS (Yayasan Internasional Penyelidikan Hampir Mati) mengembangkan sebuah definisi PHM oleh persetujuhan umum pimpinan IANDS: “Pengalaman jelas yang mencakup kesadaran terpisah dari badan yang berlangsung sewaktu mengalami baik ternyata ataupun terancam kematian atau penyakit berat.” Definisi riset yang saya gunakan mirip definisi ini, yaitu: Pengalaman jelas berkaitan dengan kesadaran terpisah dari badan yang berlangsung pada waktu ancaman nyawa atau mendekati kematian”. PHM boleh terjadi baik kepada orang dewasa maupun anak. PHM telah dilaporkan dari masa Plato, dan dalam pelbagai kebudayaan di sekeliling dunia.

Suatu poin penting adalah bahwa anda tidak usah telah meninggal secara jasmani (nafas berhenti dan/atau fungsi jantung berhenti) untuk mengalami sesuatu seperti PHM. Pengalaman serupa PHM yang menyertai kematian klinis telah dilaporkan dalam keadaan-keadaan dimana tidak ada kejadian yang mengancam nyawa. Keadaan ini termasuk, misalnya, ketabrakan mobil, kecelakaan naik gunung, dan kelahiran anak. Pengalaman yang mirip PHM agak biasa dalam pasien yang sakit beratnya tidak dapat disembuhkan, ini disebut “penglihatan tempat meninggal” atau “pengalaman mendekati akhir hidup”. PHM merupakan sebagain daripada spektrum pengalaman rohani penting manusia. Sebuah pengalaman dapat sangat berarti bagi si penerima dan tidak memenuhi syarat daripada definisi PHM. Pengalaman-pengalaman ini boleh disebut “pengalaman serupa NDE”.

Jelas bahwa sebuah PHM bukan penghayal atau penyakit jiwa/mental. Ini adalah pengalaman nyata. Hampir semua penerima PHM yang kami ketemu merasa bahwa pengalaman mereka nyata, penting, dan berarti. Jika ditanya langsung apakah pengalaman itu serupa mimpi, semua penerima PHM yang kami selidiki menjawab tidak. Pengalaman PHM telah banyak dicatat dalam kepustakaan medis. Orang-orang yang meragui PHM belum dapat menemukan penjelasan yang masuk akal secara biologi atau psikologis untuk PHM. Kegagalan ini di fihak orang and meragui PHM mengakibatkan banyak penjelasan alternatif yang pada umumnya ditolak untuk PHM.

Tingkat kesadaran sewaktu pengalaman hampir selalu dikatakan sadar, dan sering (sebagaimana dikatakan oleh seorang penerima) “Jauh lebih sadar daripada yang normal untuk manusia.” Pengalaman-pengalaman ini kelihatannya terpisah daripada pengalaman lain yang ditemukan dalam hidup sehari-hari. Sewaktu para penerima PHM ditanya “setelah pengalaman, apakah anda mengalami kejadian lain dalam hidup anda, obat, atau bahan yang mendatangkan kembali sebagian daripada pengalaman itu?”, 81% menjawab tidak.

Kami terkesan baik dengan hal-hal yang mirip maupun hal-hal yang berbeda dalam pengalaman-pengalaman PHM. Sebagian daripada penerima PHM menerima pengalaman yang panjang dan teliti, sedangkan yang lain menerima pengalaman yang lebih singkat dan tidak begitu “dramatis”. Kami percaya bahwa semua pengalaman PHM adalah penting dan berarti dalam penyelidikan kami untuk menemukan artinya.

Semua PHM berbeda, tetapi dalam sebuah golongan pengalaman pola-pola tertentu dinyatakan. Riset kami baru-baru ini berdasarkan 315 PHM yang dibagikan langsung melalui situs kami. Penerima PHM melukiskan satu atau lebih banyak daripada berikut (susunan berbeda-beda):
 
1.     Sulit untuk menjelaskan PHM. 
    Bahasa normal seolah-olah tidak sanggup melukiskan pengalaman yang luar biasa ini (67% dalam survei kami).

2.     Terkaitan dengan kejadian yang mengancam nyawa.
    Ancaman nyawa benar ataupun disanka, baik jasmani maupun secara psikologi.

3.     Pemisahan kesadaran daripada badan.
   Perasaan seperti melihat daerah sekitar dari fihak pemandangan selain dari badan fana. Ada yang melihat badannya, juga ada yang melihat usaha mendadak untuk menyelamatkan diri mereka. Pada umumnya mereka dapat mendengar apa yang sedang dikatakan, sering kali ini memalukan dokter-dokter yang melaksanakan usaha untuk menyelamatkan mereka.  Waktu luar badan mereka tidak mampu berhubungan sercara fana bersama orang lain. Sering kali ada perasaan damai, jarang sekali ada perasaan tidak enak.

4.     Kemampuan untuk melihat dan mendengar rincian daripada kejadian (yang terjadi baik dekat maupun jauh dari badan) sewaktu tidak sadar.        
    Rincian ini (yang mungkin termasuk ucapan kematian) sering kemudian dipastikan oleh orang lain yang biasanya heran dan bingung bahwa penerima pengalaman dapat mengingat kejadian-kejadian ini walaupun tidak sadar. Dalam survei kami, para penerima PHM ditanyakan, “Apakah anda melihat atau mendengar sesuatu mengenai orang-orang atau kejadian-kejadian sewaktu pengalaman anda yang kemudian dapat dipastikan?” 37% menjawab secara positif.

5.    Mengalami emosi yang intensif.
    Emosi ini termasuk perasaan enak, ketakutan, damai, dan rasa tenang. Kebanyakan PHM berkaitan dengan emosi yang sangat baik, tetapi kira-kira 18% mengalami emosi ketakutan, keadilan, kekosongan, dll. Penting menujukkan bahwa pengalaman yang menakutkan biasanya menyebabkan perobahan hidup yang positif termasuk kehilangan rasa takut terhadap kematian. Perobahan hidup yang positif ini begitu penting sehingga kebanyakan daripada penerima pengalaman yang menakutkan kemudian mengatakan bahwa mereka menghargai pengalaman itu. 

6.    Mendengar bunyi bunyi yang aneh. 
    Ada penerima pengalaman yang melaporkan bahwa mereka mendengar berbagai bunyi yang luar biasa. Ada yang dikatakan bunyi enak, musik, dengungan, atau bel. Musik sering dikatakan sangat indah melebihi keindahan yang mungkin di dunia ini.

7.    Masuk ke dalam dan lewat melalui trowongan yang gelap. 
    Trowongan itu bentuknya, dan besarnya dilukiskan berbeda-beda. Kami belum menemukan penerima PHM yang merasa kesempitan di dalam trowongan.  Cepatnya berjalan dalam trowongan dapat dilukiskan agak pelan atau cepat sekali, dan dapat mempercepat. Kadang-kadang ada wujud lain yang menyertai penerima PHM sewaktu melewati trowongan ini tetapi biasanya perjalanannya tersedirian.  Terang sinar biasanya terlihat pada akhir trowongan, dan ini rupa-rupanya tujuan dari perjalanan melalui trowongan itu. Pengalaman trowongan dilukiskan oleh 54% daripada penerima PHM yang mengisi survei.

8.    Pertemuan dengan sinar terang.
    Terang itu kadang-kadang tidak berbentuk, atau sering disangka wujud, wujud rohani, atau seorang terkasih yang telah meninggal. Biasanya ada perasaan kasih, gembira, atau damai yang luar biasa yang dirasakan dalam pertemuan ini. Terang terlihat dari jahu, atau dimasuk dalam pengalaman. Terang dilihat oleh 69% penerima PHM yang mengisi survei.

9.    Bertemu wujud rohani lain.
    Penerima PHM mungkin akan bertemu dengan wujud rohani lain atau orang-orang terkasih yang telah meninggal. Binatang piaraan yang telah meninggal sering ditemukan juga binatang lain (sering kali burung atau kupu-kupu). Pertemuan bersama orang lain umumnya dilukiskan sebagai pengalaman gembira dan penuh kasih sayang. Wujud-wujud lain dilihat dalam PHM 75% dari mereka yang mengisi survei.

10.    Ulangan kehidupan.
    Kadang-kadang, penerima PHM diberi suatu ulangan kehidupan mereka secara panorama yang berlangsung dengan sangat cepat. Ulangan kehidupan ini dapat mencakup pemandangan daripada waktu-waktu singkat dalam kehidupan mereka atau pemandangan itu dapat sangat terperinci, dengan pengertian mengenai bagaimana tindakan si penerima memengaruhi orang-orang sekeliling mereka.
Kadang-kadang si penerima akan benar-benar melihat dan merasa tindakan mereka dari pihak orang lain, dan merasa perasaan orang lain itu. Ada yang menerima informasi mengenai kehidupanya yang tidak dketahui sebelumnya, misalnya pengangkatan, orang tua yang tidak dikenal, atau saudara kandung yang telah meninggal. Ulangan kehidupan terjadi dalam 35% dari penerima PHM yang mengisi survei.

11.    Melihat atau mengunjungi tempat-tempat yang indah.
   
Ada yang pergi ke kota-kota yang indah, perpustakaan buku, taman-taman, pemandangan luas yang indah dengan sungai atau danau yang cemerlang.

12.    Perasaan mengetahui ketertiban dan tujuan universal.
   
Ada yang mengalami perasaan pengertian alam semesta dan/atau pengertian hidup dan tujuannya secara mendalam. Banyak penerima PHM mengatakan bahwa mereka diberikan pengetahuan yang sangat besar, tetapi tidak bisa kembali dengan pengetahuan itu. Yang lain kembali dengan pengertian mereka. Ketika menjelaskan ketertiban dan tujuan universal, konsep yang paling sering dibahas adalah “kasih”. Perasaan menerima pengetahuan istimewa, ketertiban dan/atau tujuan alam semesta terjadi dalam 62% daripada penerima PHM yang mengisi survei.

13.    Mencapai batasan.
    Batasan itu dinyatakan sebagai pintu gerbang, karang, pagar, air, atau, halangan lain yang menurut penerima tidak boleh dilewati atau mereka tidak dapat kembali ke badan. Sebuah batasan dihadapi oleh 44% daripada penerima PHM yang mengisi survei.

14.    Kesadaran akan kejadian-kejadian dari masa depan.
   
Ada yang mengalami “tiba-tiba ke depan” dan menyaksikan diri mereka dan kejadian-kejadian pada saat di masa depan. Penglihatan semacam ini dapat menggambarkan hidup si penerima di masa depan, atau sesuatu yang lebih global. Penglihatan global ini sering kali dahsyat. “Nubuat” PHM telah meakibatkan bayak perdepatan. Kesan saya adalah bahwa nubuat-nubuat ini tidak pasti akan terjadi, dan dapat dirubah oleh pilihan-pilihan kita. Situs IANDS (www.iands.org) mempunyai tempat untuk memasang nubuat-nubuat dari PHM, yang memungkinkan pelarjaran daripadanya. Kesadaran akan kejadian-kejadian di masa depan dilukiskan oleh 44% penerima PHM yang mengisi survei.

15.    Keputusan untuk kembali.
    Keputusan untuk kembali ke badan jasmani dapat diambil sercara bebas memilih atau tidak bebas. Jika bebas memilih, keputusan untuk kembali sering diambil sesudah pembahasan bersama wujud-wujud rohani dan sering berkenaan dengan pelajaran atau tanggung jawab hidup yang belum beres. Baik secara bebas memilih maupun tidak bebas, perasaan kesedihan , kehilangan, kemuraman dan kegelisahan dapat mengikuti kembalinya kepada hidup ini. Keputusan mengenai kembali ke badan dialami oleh 62% penerima PHM yang mengisi survei.

16.    Kembali ke badan.
    Sering (tetapi tidak selalu) perasaan sakit dari luka yang mengancam nyawa kembali.

17.    Karunia istimewa.
    Ada penerima yang melaporkan memiliki bakat-bakat waskita atau luar normal setelah PHM. Sering dilukiskan sebagai tambahan kepada kemampuan intuisi mereka. Suatu gejala lain adalah “kepekaan listrik” dimana penerima PHM menemukan bahwa arloji mereka berhenti dan mesin-mesin listrik dekat mereka (sering kali lampu) mati.
Belum diadakan penyelidikan ilmu yang besar akan gejala-gejala ini. Ketika kami menanyakan kepada para penerima PHM, “Apakah anda menerima karunia istimewa waskita atau luar normal setelah pengalaman yang anda tidak memiliki sebelum pengalaman?” 54% menjawab ya.

18.    Perubahan sikap atau kepercayaan.
     Kepercayaan kepada Allah, kehilangan rasa takut akan kematian dan hubungan antar-perseorangan yang lebih penuh kasih sayang sering mengikuti PHM. Hampir semua penerima PHM tidak menakuti kematian. Ada penerima PHM yang menemukan bahwa sikap dan kepercayaannya, yang berbeda sebelum PHM, dapat merubah hubungan antar-perseorangan dari dahulu sehingga timbul pertentangan dengan orang-orang kekasih, keluarga, dan teman-teman. Perubahan dalam sikap atau kepercayaan sesudah PHM dilaporkan oleh 91% daripada mereka yang mengisi survei.

Pertanyaan yang Diusulkan untuk Wewencara yang Berhasil.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat diajukan mengenai NDE. Ini hanyalah saran, dan silahkan bertanya apa saya yang anda inginkan (tanpa harus berurutan). Di bawah pertanyaan ini ada materi tulisan yang berisi ulasan tentang NDE, dan ulasan tentang hasil kerja kita di Near Death Experience Research Foundation.

1.  Apakah pengalaman hampir mati (PHM) itu?

2.  Apa biasanya terjadi dalam PHM?

3.  Apakah PHM sering terjadi?

4.  Bukti ilmu apa ada untuk penyebab PHM?

            Apakah uraian-uraian paling baik dari orang skeptis mengenai PHM?

            Apakah kesimpulan ilmu yang paling baik mengenai penyabab PHM?

5.  Riset baru apa anda berbuat dan apa yang ditemukan?

1.  Mimpi, PHM dan Realitas oleh Jody 27/3/03. Ini sebuah ringkasan kesusasteraan dan penyelidikan mimpi dicampur dengan penyelidikan para penerima PHM yang ditanya “apakah pengalaman mereka sama sekali mirip mimpi?” Laporan ini memberi penglihatan luas mengenai kesadaran dan keadaan kesadaran yang dirubah sebagaimana berhubungan dengan ingatan, mengingat, dan ceritera daripada pengalaman. Kemudian saya membandingkan PHM dengan mimpi atas latar belakang realitas.

2. Penyelidikan Mendalam Mengenai Mati Tenggelam oleh Jody 2/3/03.  Ini adalah penyelidikan penerima PHM yang mati dari tenggelam. Pertanyaan pokok adalah apakah penyebab mati memengaruhi pengalaman dalam cara apapun. Mereka yang mati dari tenggelam dibandingkan dengan mereka yang mati dari anfal kemudian kedua ini dibandingkan dengan PHM umum. Karena hampir 70% daripada mereka yang mati tenggelam adalah anak-anak, usiah juga diselidiki sebagai faktor. Data menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan menurut macam kematian yang dialami.

3.  Jodoh Jiwa 2003 Bagian 5 Jodoh Jiwa  oleh Jody 13/2/03  Ini merupahkan penyelidikan kulminasi yang membahas penemuan daripada empat penyelidikan Jodoh Jiwa lainya mengenai kesadaran, wujud, hubungan, emosi, tujuan universal, perubahan kepercayaan, dan pemeriksaan hidup.

4.  Pemeriksaan Hidup, Perubahan Kepercayaan, Ketertiban dan Tujuan Universal, dan Pengalaman Hampir Mati, Bagian 4 Jodoh Jiwa oleh Jody 13/2/03  Penyelidikan ini merupahkan pemeriskaan dari jawaban 319 penerima PHM kepada pertanyaan mengenai pengalaman hampir mati serta pemeriksaan hidup, perubahan kepercayaan, perubahan kehidupan, dan ketertiban/tujuan universal. Dari ujian chi-squared, semua faktor ini berhubungan kuat satu sama yang lain jadi patut dipelajari sebagai satu kelompok. Laporan ini menyelidiki peranan pemeriksaan hidup dalam pengertian tujuan universal dan kemudian perubahan yang terjadi kepada penerima PHM sesudah pengalamannya.

5.  Emosi dan Pengalaman Hampir Mati Bagian 3 Jodoh Jiwa  oleh Jody 5/2/03  Penyelidikan ini merupahkan pemeriksaan dari jawaban 318 penerima PHM kepada pertanyaan mengenai emosi di dalam dan setelah PHM. Emosi merupahkan basis bersama antara realitas jasmani dan apa yang dialami di seberang tabir. Emosi  yang paling sering dialami dalam PHM adalah damai, kasih, dan bahagia. Namun, emosi yang paling sering dialami ketika kembali ke badan adalah kebingungan. Laporan ini menyelidiki peranan emosi dalam dan setelah PHM dan peranan emosi dalam kehidupan jasmani kita.

 6.  Healing and Paranormal Gifts: Survey Results Between NDErs and non-NDErs, by Jody 12/23/02  First of all I'd like to thank everyone who participated in this HUGE study.  We had 124 NDErs and 75 non-NDErs who participated in the survey. Without your help, we would never have such startling results to report on! The healing questions pertained to the meaning of healing, whether the participant had experienced any emotional or healing gifts and whether the timing of these gifts was before or after their NDE or other paranormal experience.  They were also asked if they had healed anyone, and if so to explain or give examples.  Past studies are reviewed.  Present tension between medicine and alternative healing is explored.  The main finding of this study is that healing and evidentiality of alternative healing depends on how a person views "healing."  Most of the time the way a person views healing is part of a larger belief system rather than a compartmentalized body of knowledge about the physical body.   

 6.  Penyembuhan dan Karunia-Karunia di luar normal: Hasil Survei antara para penerima PHM dan mereka yang tidak mengalami PHM, oleh Jody 23/12/02  Saya ingin menguraikan terima kasih kepada mereka semua yang berperan serta dalam penyelidikan BESAR ini. 124 penerima PHM dan 75 orang yang tidak mengalami PHM berperan serta dalam survei. Karena bantuan kalian kami memiliki hasil-hasil ini untuk membuat laporan! Pertanyaan-pertanyaan mengenai penyembuhan menyelidiki arti daripada penyembuhan, apakah si penerima PHM mengalami karunia emosi atau penyembuh dan apakan karunia ini dinyatakan sebelum atau setelah PHMnya atau pengalaman luar normal lainnya. Mereka juga ditanya apakah mereka pernah menyembuhkan orang, dan jika ya diminta menjelaskan atau menceriterakan contoh. Penyelidikan yang lampau diperiksa kembali. Pertentangan sekarang antara medis dan penyembuhan alternatif diperiksa. Penemuan pokok dari penyelidikan ini adalah bahwa penyembuhan alternatif bergantung pada bagaimana seseorang memandang “penyembuhan”. Biasanya pemandangan seseorang terhadap penyembuhan merupahkan sebagian daripada sistem kepercayaan yang lebih besar dan bukan sebuah badan ilmu pengetahuan mengenai tubuh jasmani.

7.  Pengalaman Hampir Mati, Agama dan Kerohanian, oleh Jody 11/12/02  Salah satu bidang pelajaran yang terkemuka adalah kerohanian dan PHM. Namun, topik ini sangat peka karena bersifat agama. Penyelidikan ini bermaksud memeriksa secara teliti informasi yang disampaikan oleh para penerima PHM dan menggolongkan jawaban-jawaban. Pertanyaan yang diselidiki termasuk pilihan agama dan perubahan kepercayaan sebelum dan setelah PHM. Ada hasil-hasil yang menakjubkan berhubungan dengan tujuan/ketertiban universal yang diperoleh dari pengertian PHM.

8.  Jodoh Jiwa dan Kesadaran, (Bagain 1 dari Penyelidikan Jodoh Jiwa), oleh Jody 9/11/02  Sebagai latar belakang, di konperensi tahunan IANDS tahun 2000, Dr. Jeff Long bersama saya menyampaikan penyajian penemuan riset kami mengenai Jodoh Jiwa. Baru-baru ini saya mulai menulis laporan dari penyajian itu. Salah satu pertanyaan yang ingin saya mengerti adalah, apakah dengan data baru ini hasilnya tetap sama. Ternyata kami mempunyai dua kali lipat jumlah data daripada semula. Setiap pertanyaan yang diselidiki mengandung begitu banyak informasi dalam setiap sub-kategori sehingga tidak mungkin menulis satu laporan dari penyajian Jodoh Jiwa. Oleh karena itu, Saya memilih untuk  menulis rangkaian laporan berdasarkan data baru kemudian menulis sebuah laporan puncak mengenai pengertian jodoh jiwa yang mencakup penemuan dari semua laporan itu.

9.  Dimensi Keempat dan PHM, oleh Jody 25/11/02  Dari riset pengalaman hampir mati, sebuah model yang cocok dengan data adalah bahwa kesadaran (yang searti jiwa) berbentuk dalam dimensi keempat. Kosep ini mempengaruhi pemandangan kita terhadap waktu dan bagaimana kita mengintegrasikan kesadaran ke dalam realitas bumi kita yang berdimensi tiga. Ilmu, agama, dan masyarakat kita semuanya dipengaruhi oleh bagaimana kita memandang realitas bumi kita. Laporan ini bermaksud menjelaskan dimensi keempat dengan membandingkan konsep dimensi kesatu, kedua, dan ketiga dengan apa yang diceriterakan only para penerima PHM mengenai pengalaman mereka dalam dimensi keempat.

10.  Memeriksa Kembali Wujud yang Ditemukan Dalam Pengalaman Hampir Mati, (bagian 2 dari penyelidikan Jodoh Jiwa)  oleh Jody 25/11/02  Sesuatu yang sering dilaporkan dari pengalaman PHM adalah melihat wujud yang telah meninggal. Sering kali wujud yang dilihat di seberang tabir adalah wujud agama atau wujud yang telah meninggal. Penyelidikan ini memeriksa wujud apa yang dilihat di seberang tabir. Informasi dibagikan ke dalam kategori wujud yang sudah dikenal dan wujud yang belum dikenal. Dari 302 orang yang mengisi survei, 29% (88) melihat wujud yang sudah dikenal dan 25.8% (78) melihat wudud yan belum dikenal. Dari 166 orang yang melihat wujud, 53% melihat wujud yang sudah dikenal, dan 47% melihat wujud yang belum dikenal. Paling banyak wujud yang sudah dekenal adalah sanak famili (25.9%) diikuti oleh wujud agama (22.9%). Implikasi dibahas dengan latar belakang kesadaran dan dongeng jodoh jiwa dari kebudayaan populer.

11.  Membandingkan PHM dengan Mimpi 

12 Sebuah Perbandingan PHM yang terjadi sebelum dan setelah 1975 Hasil dari Survei Internet mengenai Pengalaman Hampir Mati. oleh Jeff Long, MD 18/5/02  Penerbitan Life after Life (Moody, 1975) mengakibatkan pengakuan umum yang luas daripada pengalaman hampir mati (PHM). Tidak ada penyelidikan sebelum ini yang memeriksa persamaan dan perbedaan antara PHM yang terjadi sebelum dan setelah 1975. Banyak daripada riset awal, pada tahun 1970an dan 1980an, menyelidiki PHM-PHM yang kebanyakan terjadi sebelum 1975. Jika isi pengalaman dan akibat yang datang sesudah PHM tetap sama sebelum dan setelah 1975, riset awal ini boleh dianggap berguna terhadap PHM yang terjadi baru-baru ini. Penyelidikan ini memakai cara survei di internet yang belum pernah dilaporkan. Jumlah 218 penerima PHM mengisi servei. Satu-satunya perbedaan statistik yang dilihat antara golongan penerima PHM sebelum 1975 (n=48) dibandingkan dengan golongan penerima PHM dalam atau setelah 1975 (n=170) adalah usia pada waktu mengalami PHM, dan usia pada waktu survei. Perbedaan signifikan lain tidak terdapat antara kedua golongan ini mengenai demografis PHM, isi pengalaman, atau akibat yang mengikuti PHM yang diselidiki.

13 Pemeriksaan daripada Penyelidikan Swis yang baru mengenai PLB (Pengalaman Luar Badan), oleh Jody 25/9/02 Penyelidikan ini diterbitkan dalam majalah ilmia Inggris, Nature, tanggal 19/9/02.  Beberapa artikel media diterbitkan berdasarkan penyelidikan ini. Artikel ini memeriksa: 1) penyelidikan, 2) cara pemberitaan media, dan 3) pembahasan kritis terhadap kedua-duanya, baik penyelidikan maupun media.

          14.   Sikap para tabib terhadap PHM oleh Dr. Jeff

6.  Riset baru apa saja telah dilakukan oleh orang lain mengenai PHM?

7.  Apakah orang buta mengalami PHM??

            Kenyataan ini mengakibatkan kesimpulan apa mengenai PHM?

8.  Perobahan apa biasanya dialami para penerima PHM susudah PHM?

9.  Informasi apa dibawa kembali oleh para penerima PHM mengenai arti daripada kehidupan di atas bumi ini?

            Apa yang diberitahukan kepada kita daripada PHM-PHM mengenai hubungan kita di atas bumi?

10.  Para penerima PHM sering diberikan pilihan untuk tetap di alam surgawi atau kembali ke bumi. Mengapa orang itu memilih untuk kembali ke bumi?

11.  Bagaimana dengan PHM yang menakutkan itu?

            Apakah sering terjadi?

            Akibat apa terjadi pada si penerima pengalaman itu?

12.  Bagaimana dengan PHM dari kebudayaan bukan barat?

            Apakah terjadi, pengalamannya bagaimana, sama apa lain lagi?

13.  Apakah yang dilakukan oleh situs Yayasan Riset Pengalaman Hampir Mati (www.nderf.org)?

14.  Apakah Yayasan Internasional Penyelidikan Hampir Mati (IANDS, www.iands.org )?

15.  Apakah ada pengalaman yang behubungan dengan PHM?

            Komunikasi Sesudah Mati ( www.adcrf.org)

            Pengalaman Luar Badan ( www.oberf.org)
 

 Berita Baru Dalam Penyelidikan Kesadaran?

1.   lajaran ilmiah pertama telah diterbitkan dalam The Lancet pada tanggal 15/12/01. Seorang ahli jantung di Negara Belanda (van Lommel) menyelidiki 344 pasien serangan jantung. Pasien-pasien ini telah disurvei untuk mengetahui apakah mereka mengalami PHM, kemudian sekali lagi dua dan delapan tahun sesudah serangan jantung mereka. 18% dari pasien ini mengalami PHM. Mereka menemukan bahwa obat kuat yang diberikan sewaktu disandarkan tidak mempengaruhi kemungkinan terjadinya PHM, yang memberikan sokongan kuat kepada konsep bahwa PHM tidak terjadi dari aksi otak. Tidak ada hubungan antara berapa takutnya si pasien terhadap serangan jantung dengan kemungkinan terjadinya PHM. Ini memberikan sokongan kuat kepada konsep bahwa PHM tidak terjadi sebagai akibat dari faktor-faktor psikologi behubungan dengan pengalaman. Para periset menemukan bahwa biasanya waktu beberapa tahun dibutuhan oleh para penerima PHM untuk mendalami pengalamannya. Beberapa tahun setelah PHMnya para penerima lebih mungkin mengalami perobahan positif dalam soal-soal kerohanian seperti kepercayaan dalam kehidupan setelah mati, arti daripada hidupnya, menyatakan kasih terhadap dan menerima orang lain. Para penerima PHM yang diselidiki mengalami kerendahan kuat dalam ketakutannya terhadap kematian.

Penyelidikan ini, yang pertama dari jenisnya, memberikan pengesahan ilmiah terhadap PHM yang mungkin paling kuat sampai sekarang. Barang kali minat dalam PHM akan naik sesudah diterbitkan.

2.   Situs www.nderf.org (Yayasan Riset Pengalaman Hampir Mati) tetap menjalankan acara riset/pelayanan untuk para penerima. Setiap orang yang telah menerima PHM atau pengalaman seperti PHM diundang mangajukan pengalamannya dengan menggunakan formulir web.  Pengalaman yang berhubungan dengan PHM diselidiki di situs lain yang ditentukan untuk Komunikasi Setelah Kematian (www.adcrf.org) dan Pengalaman Luar Badan (www.oberf.org).). Kami sangat berterima kasih kepada lebih dari 900 penyumbang yang telah membagikan pengalamannya kepada situs-situs ini. Hal ini memungkinkan kami untuk menyelidiki berbagai-bagai pengalaman bathin dalam cara yang belum pernah mungkin. Sebuah alat riset telah diciptakan yang menghitung secara otomatis lebih dari 2000 analisa chi-square dari data yang diajukan kepada situs web. Analisa tetap berlangsung. Ratusan email dan pertanyaan mengenai PHM dan pengalaman yang berhubungan telah dijawab sebagai pelayanan gratis yang berlangsung terus.

3.   Sebuah penyelidikan dalam lima bagian yang berambisi dan teliti mengenai hubungan Jodoh Jiwa telah selesai pada hari raya Valentine 2003. Pengertian daripada konsep Jodoh Jiwa adalah akibat keberuntungan dari menyelidiki laporan PHM, KSM, dan PLM yang dibagikan dengan kami di tiga situs (www.nderf.org, www.adcrf.org dan www.oberf.org).  Bukti dari penyelidikan kami akan Pengalaman Hampir Mati (PHM), Komunikasi Setelah Mati (KSM), dan Pengalaman Luar Badan (PLB) mengisyaratkan ada hubungan Jodoh Jiwa yang penting antara kita semua dan orang-orang yang kita kasihi.

Sebuah contoh daripada konsep Jodoh Jiwa ini berikut: Kira-kira 35% penerima PHM melukiskan suatu proses pemeriksaan/ulangan kehidupan. Biasanya seorang wujud terang hadir. Wujud terang ini pada umumnya dilukiskan sebagai orang yang sangat merasa kasihan dan mengasihi tanpa keraguan. Pengalaman-pengalaman pemeriksaan kehidupan berbeda-beda, tetapi sering mencakup penyajian sangat cepat dan teliti akan peristiwa-peristiwa dari kehidupan serta perasaan dan akibat daripadanya dalam kehidupan orang lain. Sangatlah penting bahwa seluk-beluk daripada tindakan dan perasaan orang lain yang para penerima PHM hadapi dalam jalan kehidupan mereka sering diperlihatkan kepada mereka.  Banyak dari orang-orang ini yang tindakannya dan perasaanya diperlihatkan kepada si penerima PHM masih hidup pada waktu PHM namun mereka tidak sadar akan pembagian tindakan dan perasaan mereka bersama wujud rohani. Ini berarti bahwa tindakan dan perasaan daripada orang-orang yang hidup yang dihadapi oleh penerima PHM, serta penerima PHM sendiri, senantiasa diketahui dengan sangat teliti oleh wujud-wujud rohani di seberang tabir. Kenalan teliti ini oleh wujud-wujud rohani berarti bahwa ada hubungan terus menerus antara kita di bumi baik diantara sesama kita maupun anatara para wujud rohani. Saya percaya bukti di atas, beserta bukti-bukti lain berarti bahwa hubungan demikian adalah mungkin, dan jika demikian implikasinya amat penting.

Pengertian akan hubungan ini membantu kita memahami arti dan amat pentingnya kehidupan kita dan hubungan kita bersama orang lain berkaitan dengan tujuan universal kehidupan di bumi. Hubungan Jodoh Jiwa ini sangat penting untuk memenuhi tujuan kehidupan kita dan belajar pelajaran kehidupan kita. Mengerti pesan berkuasa daripada Jodoh Jiwa memberi kita kesempatan untuk mengembangkan hubungan bersama orang-orang istimewa dalam kehidupan kita.



   Near Death Experience Research Foundation   
Copyright © 1998-2016 Experience Research Foundation (NDERF) All rights reserved.